Pada sistem pemasaran online ada yang disebut dengan konversi penjualan. Istilah konversi penjualan merujuk pada pengunjung yang mengambil tindakan lebih lanjut terhadap website atau toko online Anda. Pengukuran konversi ini dilakukan secara berbeda-beda tergantung pada sifat dan tujuan bisnisnya. Oleh karena itu, cara meningkatkannya juga berbeda-beda.
Istilah lead sering digunakan dalam dunia pemasaran yang kita kenal dengan calon konsumen, hal ini merupakan bagian dari strategi pemasaran yakni tindakan segmentasi pasar dan positioning, mungkin penjualan Anda menurun salah satunya faktor salah menentukan target pasar dan calon konsumen sehingga harus Anda perbaiki terlebih dahulu. Anda bisa memperbaiki dengan mengelompokan kembali calon konsumen yang bisa dijadikan sumber lead baru.
Bila Anda sudah terbiasa dengan melakukan penjualan secara offline, mulailah dengan mencoba penjualan secara online. Sistem online di jaman sekarang ini hampir semua orang dapat mengakses online, hal tersebut dapat memangkas biaya-biaya yang Anda biasa keluarkan bila penjualan offline dengan online Anda dapat menghemat. Anda dapat memulai dengan strategi promosi marketplace, atau promosi menggunakan sosial media dengan membuat copywriting yang nanti bisa di blast pada semua channel sosial media Anda, menawarkan harga promo limited edition dan masih banyak lagi.
Anda bisa berinovasi dengan membuat konten video menarik untuk mempromosikan produk Anda dengan membuat video tutorial penggunaan produk Anda, sehingga video tersebut Anda bisa share ke media sosial atau website bisnis Anda sendiri. Biasanya durasi video tidak begitu panjang, tetapi harus singkat, tapi tidak memaksa untuk jualan lebih ke samar-samar education produk. Berbeda dengan iklan promosi produk biasanya video-nya langsung mengarahkan pada penjualan seperti iklan promosi produk di media massa.
Dalam pengiriman konten menggunakan email Anda harus perhatikan, antara lain:
Calon konsumen tentu sering mengeluarkan pertanyaan seperti “Apa untungnya membeli produk Anda?” dan “Mengapa saya harus membeli dari Anda?”. Calon konsumen memiliki harapan, keinginan, kebutuhan dan poin-poin khusus. Sehingga Anda harus memberi mereka tawaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.
Anda perlu melakukan refleksi untuk mengetahui apa yang bisa produk Anda berikan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan namun tetap memiliki keunikan. Komunikasikan keunikan tersebut dan saring sebaik mungkin sampai Anda dapat mengartikulasikannya dalam satu kalimat yang langsung dapat dipercaya. Usahakan agar berbeda dengan kompetitor. Tidak perlu menonjol dalam segala bidang, setidaknya produk Anda harus unggul dalam satu elemen yang dapat menarik calon konsumen.
5 hal ini penting untuk dilakukan oleh seorang sales, untuk menciptakan kedekatan dengan klien yang berujung pada konversi sales yang semakin tinggi.
Yuk, optimasi bisnis Anda dengan digitalisasi bisnis bersama kami. Cari tahu layanan apa yang Anda butuhkan dari kami disini