AD PLACEMENT

5 Cara Jitu Meningkatkan Konversi Penjualan

AD PLACEMENT

Pada sistem pemasaran online ada yang disebut dengan konversi penjualan. Istilah konversi penjualan merujuk pada pengunjung yang mengambil tindakan lebih lanjut terhadap website atau toko online Anda. Pengukuran konversi ini dilakukan secara berbeda-beda tergantung pada sifat dan tujuan bisnisnya. Oleh karena itu, cara meningkatkannya juga berbeda-beda.

Berikut ini 8 Strategi Meningkatkan Konversi Penjualan

1. Perbaiki Terlebih Dahulu Sumber Leads Anda

Istilah lead sering digunakan dalam dunia pemasaran yang kita kenal dengan calon konsumen, hal ini merupakan bagian dari strategi pemasaran yakni tindakan segmentasi pasar dan positioning, mungkin penjualan Anda menurun salah satunya faktor salah menentukan target pasar dan calon konsumen sehingga harus Anda  perbaiki terlebih dahulu. Anda bisa memperbaiki dengan mengelompokan kembali calon konsumen yang bisa dijadikan sumber lead baru.

2. Strategi Promosi Online untuk Meningkatkan Konversi Penjualan

Bila Anda sudah terbiasa dengan melakukan penjualan secara offline, mulailah dengan mencoba penjualan secara online. Sistem online di jaman sekarang ini hampir semua orang dapat mengakses online, hal tersebut dapat memangkas biaya-biaya yang Anda biasa keluarkan bila penjualan offline dengan online Anda dapat menghemat. Anda dapat memulai dengan strategi promosi marketplace, atau promosi menggunakan sosial media dengan membuat copywriting yang nanti bisa di blast pada semua channel sosial media Anda, menawarkan harga promo limited edition dan masih banyak lagi.

3. Membuat Konten Video Menarik untuk Promosi Brand

Anda bisa berinovasi dengan membuat konten video menarik untuk mempromosikan produk Anda dengan membuat video tutorial penggunaan produk Anda, sehingga video tersebut Anda bisa share ke media sosial atau website bisnis Anda sendiri. Biasanya durasi video tidak begitu panjang, tetapi harus singkat, tapi tidak memaksa untuk jualan lebih ke samar-samar education produk. Berbeda dengan iklan promosi produk biasanya video-nya langsung mengarahkan pada penjualan seperti iklan promosi produk di media massa.

AD PLACEMENT

4. Gunakan Konten Email Interaktif

Dalam pengiriman konten menggunakan email Anda  harus perhatikan, antara lain:

  • Siapkan materi isi email yang menarik
  • Buatlah skema pengiriman email, usahakan 2-3 kali dalam seminggu
  • Email pertama, kirimkan sesuatu melalui email sebagai tanda terima kasih, misalnya dengan memberikan ebook.
  • Email kedua, ajak mereka untuk dapat kunjungi website bisnis Anda.
  • Email ketiga, ajak lebih intens memperkenalkan product knowledge, dan kasih call to action untuk membeli produk Anda.

5. Berikan Tawaran yang Menarik

Calon konsumen tentu sering mengeluarkan pertanyaan seperti “Apa untungnya membeli produk Anda?” dan “Mengapa saya harus membeli dari Anda?”. Calon konsumen memiliki harapan, keinginan, kebutuhan dan poin-poin khusus. Sehingga Anda harus memberi mereka tawaran sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Anda perlu melakukan refleksi untuk mengetahui apa yang bisa produk Anda berikan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan namun tetap memiliki keunikan. Komunikasikan keunikan tersebut dan saring sebaik mungkin sampai Anda dapat mengartikulasikannya dalam satu kalimat yang langsung dapat dipercaya. Usahakan agar berbeda dengan kompetitor. Tidak perlu menonjol dalam segala bidang, setidaknya produk Anda harus unggul dalam satu elemen yang dapat menarik calon konsumen.

5 hal ini penting untuk dilakukan oleh seorang sales, untuk menciptakan kedekatan dengan klien yang berujung pada konversi sales yang semakin tinggi.

AD PLACEMENT

Yuk, optimasi bisnis Anda dengan digitalisasi bisnis bersama kami. Cari tahu layanan apa yang Anda butuhkan dari kami disini 

sumber

AD PLACEMENT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

AD PLACEMENT